Resep Bolu Jadul , Anti gagal. Lembut, Ringan Tidak Seret

Kalau ikutin step-by-step dengan baik dan benar (kayak ejaan bahasa Indonesia 😺) pasti berhasil.
Adik saya yang masih kelas 3 SD aja lancar bikinnya 😁

Ini resep andalan ibu saya waktu kami (anak2) masih kecil (kalo ga Salah saya masih TK). Kami selalu lapar ehhe.. suka banget ngemil (kebawa SMP sekarang). Nah ibu saya yang supersibuk sering meluangkan waktu untuk membuat camilan yang gak ribet dan disukai anak-anak.
Beliau dapat resep ini dari tetangga kami.. hanya 4 bahan pada awalnya, yaitu telur, gula, terigu dan margarin.

Dulu kami selalu mengidolakan kue ini sampai akhirnya seiring waktu berjalan kami mulai banyak mencoba kue2 di bakery2 ternama dan kami (terutama saya) menyadari bahwa.. ada loh kue yang enak.. dan bolu Jadul kami itu banyak kekurangannya. Waktu itu saya masih kelas 3 SD.

Sekarang, saya sudah kelas 9 dan.. karena sudah punya yah..bisa dibilang buanyak pengalaman bikin cake (waktu kls 7-8 saya jualan aneka cake ke ortu murid, guru, dan tetanga 🙈 dan sering gagal, hingga sedikit paham tentang serba-serbi, tips, trik, kendala, bahan baku, dsb), saya memodifikasi resep ibu saya.

Ehe walaupun masih banyaaak kekurangannya, tapi saya cukup bangga dengan diri saya.

Deskripsi cake ada di step bawah ya


Bolu Jadul


Bahan-bahan

  • 1 loyang
  • 5 butir telur
  • 190 gr gula pasir
  • 1/2 SDM ceper SP/TBM
  • 180 gr tepung terigu
  • 1/2 sdt baking powder
  • 200 gr margarin

Langkah

Kocok menggunakan speed tinggi telur, gula dan sp sampai menembang, kental, putih pucat dan berjejak.

Masukkan terigu dan baking powder sambil diayak, kocok menggunakan speed terendah. Sekali saja, aduk perlahan dengan spatula

Masukkan margarin cair, kocok rata sebentar saja.
Tuang adonan ke dalam loyang (tulban 22 cm) yang sudah diolesi margarin dan terigu.

Panggang di dalam oven yang sudah dipanaskan, ±35 menit sampai matang, jangan lupa tes

Ini kayak sponge cake, teksturnya mirip. Apalagi ketika saya tambahkan krim.. dan dijadikan tart tapi gaada fotonya 😆

Manisnya pas, dan serasi bangt sama tekstur kuenya.

Wangiii banget margarinnya. Pas 15 menit abis dipanggang, wanginya udah semerbak. Kalau pakai butter lebih wangi kayaknya. Saya pakai blueband, jd wangiii banget 😆

Pas baru matang itu empukk pukkk kempus2 gitu.. rasanya enaaaak banget aduduh syukaa.. makanya harus segera dihabiskan yaa karena kalau didiamkan terlalu lama (3 jam an) Apalagi dalam kulkas, bakal keras dan seret.
Resep By cookpad

Belum ada Komentar untuk "Resep Bolu Jadul , Anti gagal. Lembut, Ringan Tidak Seret"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel